RADIO Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Wilayah 11 Kabupaten Kendal menggelar latihan dasar kebencanaan pada Minggu, 23 Oktober 2022. Diikuti 40 personil RAPI Rescue dari Lokal 1 hingga Lokal 7, latihan tersebut dilangsungkan di Pelabuhan Kendal bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kendal.

Menurut Ketua RAPI Wilayah 11 Kendal Letkol (CPL) Yoyok Purwanto (JZ11YYK), latihan tersebut adalah salah satu program wilayah. Meliputi materi teori dasar pertolongan korban laka air dan praktek pertolongan laka air dengan perahu karet, diharapkan anggota RAPI Rescue mampu mengatasi bencana yang bisa kapan saja terjadi. “Apa lagi sekarang ini kondisi cuaca tidak menentu. Diharapkan anggora RAPI mampu untuk memahami dan mempraktekkan dalam hal pertolongan pertama dalam kebencanaan, khususnya laka air serta mampu melaksanakan kegiatan dasar pertolongan kebencanaan secara umum,” imbuh JZ11YYK.

Pelatihan dasar kebencanaan ini menjadikan salah satu peningkatan kompetensi anggota RAPI Wilayah 11 Kendal dibidang pertolongan pertama laka air, sebagaimana dikatakan Ahma Garlih Afrian dari Satgas Kebencanaan BPBD Kendal yang juga instruktur pelatihan tersebut. “Kami juga memberikan berbagai macam pengetahuan tentang pertolongan pertama apabila terjadi kebencanaan. Sekaligus memotivasi kawan-kawan anggota RAPI di Kendal untuk ikut berpartisipasi dalam giat penanggulangan kebencanaan dan bantuan komunikasi dengan BPBD Kendal,” ungkapnya.

Sementara itu Sekretaris RAPI Wilayah 11 Kendal Rahmawan (JZ11HAE) menegaskan dalam hal penyampaian informasi kebencanaan sangat penting agar lebih efektif, diutamakan menggunakan Repeater Pancar Ulang (RPU).

RAPI Wilayah 11 Kendal Gelar Latihan Dasar Penanggulangan Kebencanaan

By Yuli

Tinggalkan Balasan